Hati-Hati! Uang Dapat Menyebarkan Virus Corona!

Apakah ini clickbait? Bisa jadi hehe. Tapi tidak sepenuhnya.

Segala jenis benda mati dapat menjadi sarana penyebaran virus Covid19 jika terkena droplet (cairan tubuh seperti bersin, ludah, liur, hingga nafas) dari orang atau hewan yang sudah terinfeksi, baik disadari ataupun tidak. Tak terkecuali uang.

 

Uang selalu berpindah tangan

 

 

Dalam hal ini tentu terkhusus pada uang yang memiliki bentuk fisik seperti uang kertas, uang logam, hingga kartu kredit dan debit. Termasuk juga mesin ATM dan mesin EDC yang digunakan saat pengambilan uang maupun pembayaran.

Belum lagi jika, uang tersebut mulai atau sudah berpindah dari satu tangan ke tangan yang lain. Bukan mustahil uang tersebut bisa membawa bakteri, virus, ataupun kuman tiap kali ia berpindah tangan.

Nah jika seseorang menyentuh uang, kemudian ia mengusap mata, hidung, mulut, atau mengambil makanan, tanpa mencuci tangan terlebih dahulu, maka dari situlah virus, bakteri, dan kuman yang ada pada uang tersebut masuk ke dalam tubuh manusia dan menyebabkan penyakit.

 

Bakteri, kuman, dan virus dalam uang

 

 

Pada tahun 2014 lalu, terdapat sebuah penelitian yang berasal dari buku Future Microbiology, menyebutkan bahwa di dalam uang kertas hasil dari penjualan makanan ditemukan bakteri-bakteri penyebab gangguan pencernaan seperti Eschericia Coli dan Salmonella.

Belum lagi bakteri-bakteri lainnya seperti Staphylococcus Aureus yang dapat menimbulkan jerawat atau bisul, Klebsielladapat yang menyebabkan penyakit paru-paru, Penicillium yang menyebabkan demam, hingga Cryptococcus yang bisa menyerang imun atau sistem kekebalan tubuh manusia.

Meskipun belum ada hasil penelitian akurat yang menyebutkan bahwa Covid19 dapat menyebar melalui uang kertas, namun penelitian serupa pernah dilakukan pada salah satu keluarga virus corona yakni, SARS. Studi tersebut mengemukakan bahwa virus corona jenis SARS dapat bertahan hingga 72 jam pada kertas. Maka bisa diasumsikan jika Covid19 memiliki daya tahan yang sama pada benda yang juga sama.

Bahkan China, negara yang disebut sebagai asal muasal virus Covid19, sudah memulai operasi besar dengan mendisinfektan uang menggunakan sinar UV dan suhu tinggi sebelum mengedarkannya Kembali ke sirkulasi pasar di tengah berlangsungnya pandemi.

 

Kurangi penggunaan uang fisik

 

 

“Berusaha untuk membersihan uang itu bisa saja, tetapi jauh lebih rumit daripada mencuci tangan dan mengurangi transaksi menggunakan uang fisik lebih daripada yang mungkin terjadi.”

Hal itu diungkapkan oleh Charles Bailey, direktur medis untuk pencegahan infeksi di Providence St. Joseph Health sebagaimana dikutip insider.com pada Jumat 3/4/2020 lalu.

Dewasa ini orang-orang mulai menyadari pentingnya mencuci tangan, namun belum banyak yang aware akan perlunya menggunakan transaksi non-fisik atau cashless.

Meeberian hadir sebagai solusi pemesanan dan pembayaran makanan tanpa tunai. Sehingga dapat mengurangi resiko penyebaran baranekaragam bakteri, kuman, dan virus, salah satunya tentu, Covid19.

Dengan banyaknya promo, diskon, hingga challenge berhadiah menarik di tiap bulannya, Meeberian bisa menjadi solusi yang sangat amat layak untuk dicoba kala berkunjung ke tempat makan langganan.

Jadi anda tidak perlu lagi khawatir akan tertular penyakit dari transaksi dengan uang kertas. Meeberian bisa dengan mudah didapatkan di Playstore maupun Appstore.

Cepat. Sehat. Hemat.